Rabu, 14 Agustus 2013

TweetThis Button

Cara Mudah Lakukan Root di Perangkat Android Berbasis MT6589/MTK6589

Cara Mudah Lakukan Root di Perangkat Android Berbasis MT6589/MTK6589
Penulis :  Bambang Kartika H




 
 
CHIP.co.id - Dewasa ini, smartphone lokal, semisal Axioo Picopad 4, IMO S89 Miracle, dan Smartfren Andromax V, menggunakan chipset quad-core berseri MT6589/MTK6589. Chipset besutan MediaTek ini mengintegrasikan CPU Cortex A7 dari ARM, GPU PowerVR Series5XT milik Imagination, serta modem UMTS Rel. 8.HSPA+/TD-CDMA dari MediaTek sendiri. Dengan mengadopsi teknologi 28nm, chipset ini juga mampu menghantarkan performa yang bertenaga, tetapi dengan harga yang cukup kompetitif.
Bila senang mengoprek perangkat Anda, sudah barang tentu Root adalah pintu utama sebelum mengoptimalkannya. Benar saja, dalam hasil review perangkat tersebut, banyak yang bertanya bagaimana cara melakukan root di perangkat tadi. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya berikan cara melakukan root dengan mudah di perangkat ber-chipset MT6589/MTK6589.
Bahan-bahan:
  • File "MT65xx_USB_Driver" (unduh di sini)
  • File "mt6589_rooter" (unduh di sini)
  • Kabel USB
  • PC Windows
  • Perangkat ber-chipset MT6589/MTK6589
  • Niat dan doa

Proses Root mungkin saja dapat membuat perangkat Anda rusak atau semacamnya. Lakukan langkah-langkah yang CHIP berikan dengan hati-hati. Risiko ditanggung sendiri.
Terakhir, langkah yang CHIP berikan hanya dapat dilakukan di PC Windows.

Langkah 1: Instal Terlebih Dulu USB Driver
Sebelum melakukan proses root, Anda diharuskan menginstal USB driver untuk perangkat MT6589. Setelah selesai mengunduh, Anda diwajibkan untuk memasangnya di perangkat Windows. Perhatikan langkah berikut ini:
  • File hasil unduhan tersebut berformat .zip. Pastikan Anda meng-unzip terlebih dahulu. Setelah itu, buka berkas tersebut. Namanya adalah "MT65xx_USB_Driver".
  • Sambungkan perangkat Anda ke PC dengan kabel USB. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging.
  • Buka Device Manager (klik Win + R, lalu ketikkan "devmgmt.msc"). Kemudian klik kanan pada pilihan "Android Composite ADB Interface" dan klik "update Driver Software..." (lihat gambar untuk lebih jelas).
  • Setelah itu akan terbuka sebuah kotak dialog yang memiliki 2 buah pilihan. Klik pada pilihan "Browse my computer for driver software".
  • Pilihlah folder di mana Anda meletakkan file hasil unduhan tadi.
  • Klik "Next".
  • Tunggu sesaat, setelah itu Anda telah berhasil menginstal USB driver.
Langkah 2: Unduh Paket Rooter MT6589
Selesai melakukan langkah pertama? cukup rumit? Tenang saja, langkah kedua ini tak terlalu sulit untuk dilakukan. Pertama-tama, Anda harus mengunduh file "mt6589_rooter".
Langkah 3: Proses rooting
Setelah selesai mengunduh, pastikan Anda telah meng-unzip terlebih dahulu. Pastikan pula perangkat Anda masih tersambung dengan PC sebelum melakukan proses ini. Buka folder hasil unzip tadi, setelah itu klik pada file "run.bat".
Setelah terbuka, Anda tinggal klik "Enter" untuk melanjutkan proses rooting. Kemudian tunggu beberapa saat.
Setelah selesai dan muncul tulisan "[*] Rooting phone..." Anda tinggal menunggu beberapa saat lagi.
Lalu, setelah menunggu beberapa saat akan muncul tulisan "[*] Exploit complete. Press enter to reboot and exit.". Kemudian Anda tinggal melihat perangkat Anda melakukan proses booting.
Catatan: Terkadang, perangkat Anda akan gagal booting dan masuk ke dalam mode recovery. Namun, tak perlu khawatir. Anda tinggal melakukan booting sekali lagi. Caranya dengan menekan tombol volume + untuk melakukan booting.
Contoh mode recovery
Setelah melakukan semua langkah yang saya berikan, maka perangkat Anda telah berhasil di-root. Anda dapat mengeceknya dengan munculnya aplikasi "SuperSU" dalam App Drawer Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengeceknya dengan menggunakan aplikasi Root Checker yang dapat diunduh langsung via Play Store.

Lantas, apa yang harus dilakukan setelah selesai melakukan root? Anda dapat membuka artikel 10 Aplikasi Pilihan untuk Perangkat Android dengan Akses Root agar menjadi panduan bagi Anda yang bingung apa yang harus dilakukan setelah selesai melakukan root.

(Gleescape)

Editor : Insaf Albert Tarigan
[Sumber]

0 komentar:

Posting Komentar

.:Tutorial DHTML DLL:.

Tutorial tentang Dhtml scripts, Jquery plugins ,Javascript, CSS, CSS3, Html5 Library dll dan penerapannya pada Website, langsung aja kunjungi Website nya dan yang nggak kalah penting Free Yaa !!

.:distrowatch:.

Pengin Banyak tau tentang distro linux Langsung Aja Kunjungi DistroWatch Hmmm, banyak banget distronya, Download dan Pasang Linuxnya Lets Go Boss !!

.:jQuery Tutorial:.

Tutorial jQuery Widget ada disini semua Langsung Ke TKP Boss !!

.:Hirens Boot CD:.

Hiren's Boot CD cukup ampuh untuk membuat Clonning Atau Copy windows, dan banyak tool yang sangat berguna bagi para teknisi komputer maupun yang masih pemula silahkan Download filenya Disini kalo mau lihat tutorialnya membuat Flashdisc Bootable Disini Lumayan buat nambah ilmu dan Tool, Langsung aja Boss !!

Hiren’s BootCD

Bookmark and Share