Jumat, 08 Juni 2012

TweetThis Button

Tip Enkripsi Home Folder Setelah Instalasi Ubuntu

Tip Enkripsi Home Folder Setelah Instalasi Ubuntu



Ubuntu menawarkan untuk mengenkripsi folder "Home" Anda pada saat instalasi. Jika Anda menolak enkripsi dan berubah pikiran nanti, Anda tidak harus menginstal ulang Ubuntu. Anda dapat mengaktifkan enkripsi dengan beberapa perintah terminal.
 
Ubuntu menggunakan ecryptfs untuk enkripsi. Ketika Anda login, direktori "Home" Anda secara otomatis didekripsi dengan sandi Anda. Sementara ada hukuman kinerja untuk enkripsi, dapat menyimpan data rahasia pribadi , terutama pada laptop yang dapat dicuri.

Tahap Awal

Sebelum melakukan semua ini, Anda harus memastikan Anda memiliki cadangan dari direktori "home" Anda dan file penting. Perintah migrasi akan membuat cadangan pada komputer Anda, tetapi penting untuk memiliki cadangan tambahan - hanya dalam kasus.
Pertama, menginstal tool enkripsi:
sudo apt-get install ecryptfs-utils cryptsetup


Kita harus mengenkripsi direktori "Home" kita, saat kita sedang tidak login. Ini berarti bahwa kita harus menggunakan account pengguna dengan administrator (sudo) - Kita dapat membuat satu jendela Account Pengguna Ubuntu. Untuk membukanya, klik nama Anda pada panel dan pilih User Accounts.



Buat akun pengguna baru dan membuatnya administrator.



Mengatur sandi dengan mengklik kotak password. Account dinonaktifkan sampai Anda menerapkan password.




Setelah membuat user account, log out dari desktop Anda.

Migrasi Home Folder Anda

Pilih User baru Anda, account pengguna sementara pada layar login dan log in dengan itu.

Jalankan perintah berikut untuk mengenkripsi direktori "Home" Anda, mengganti user dengan nama account pengguna Anda:


sudo ecryptfs-migrate-home -u user
Kemudian kita harus memberikan password account pengguna Anda. Setelah Anda melakukannya, direktori home Anda akan dienkripsi dan Anda akan disajikan dengan beberapa catatan penting. Singkatnya, catatan mengatakan:
  1.  Kitaharus login sebagai user account lainnya segera - sebelum reboot!
  2. Salinan direktori home asli Anda dibuat. Anda dapat mengembalikan direktori backup jika Anda kehilangan akses ke file Anda.
  3. Anda harus menghasilkan dan merekam frase pemulihan.
  4. Anda harus mengenkripsi partisi swap juga.


Log out dan login kembali sebagai user account asli Anda. Jangan reboot sistem anda sebelum login kembali!



Setelah Kita login, klik Run tindakan ini sekarang tombol untuk membuat pemulihan passphrase. Jauhkan ini passphrase suatu tempat yang aman - Kita akan memerlukannya jika kita harus secara manual memulihkan file kita di masa depan.



Kita dapat menjalankan ecryptfs-unwrap-passphrase perintah untuk melihat passphrase setiap saat.

Enkripsi Partisi Swap

Ketika kita membuat sebuah direktori Home yang dienkripsi ketika menginstal Ubuntu, partisi swap juga dienkripsi. Setelah mengatur enkripsi Home direktori, Kita juga akan ingin mengatur enkripsi swap. Untuk melakukannya, jalankan perintah berikut dalam terminal:
sudo ecryptfs-setup-swap


Perhatikan bahwa swap terenkripsi tidak akan berfungsi dengan baik dengan fitur hibernate Ubuntu - yang dinonaktifkan secara default, aniway.


Membersihkan

Setelah restart sistem kita sekali atau dua kali dan memverifikasi semuanya bekerja dengan benar, kita dapat membersihkan semuanya. Selain menghapus account pengguna, kita dapat menghapus folder Home cadangan terletak di direktori sistem anda /home directory.




Kita harus menghapus direktori backup dari terminal dengan perintah seperti yang berikut. Berhati-hatilah saat menggunakan perintah ini - Kita dapat secara tidak sengaja menghapus Home kita yang sesungguhnya folder atau direktori sistem penting yang lain, jika Anda ketik nama direktori yang salah:
sudo rm -rf /home/user.random


Source :
http://www.howtogeek.com/116032/how-to-encrypt-your-home-folder-after-installing-ubuntu/

2 komentar:

  1. terkait dengan penerapan enkripsi, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2274/1/01-03-010-Penerapan%5BRangga%5D.pdf

    BalasHapus
  2. Memang betul mas hanum, keamanan data sangat penting untuk di terapkan pada peralatan canggih, terutama pada gadget "android", yang konon katanya mulai rawan di grogoti virus dkk. thank's sharenya mas hanum

    BalasHapus

.:Tutorial DHTML DLL:.

Tutorial tentang Dhtml scripts, Jquery plugins ,Javascript, CSS, CSS3, Html5 Library dll dan penerapannya pada Website, langsung aja kunjungi Website nya dan yang nggak kalah penting Free Yaa !!

.:distrowatch:.

Pengin Banyak tau tentang distro linux Langsung Aja Kunjungi DistroWatch Hmmm, banyak banget distronya, Download dan Pasang Linuxnya Lets Go Boss !!

.:jQuery Tutorial:.

Tutorial jQuery Widget ada disini semua Langsung Ke TKP Boss !!

.:Hirens Boot CD:.

Hiren's Boot CD cukup ampuh untuk membuat Clonning Atau Copy windows, dan banyak tool yang sangat berguna bagi para teknisi komputer maupun yang masih pemula silahkan Download filenya Disini kalo mau lihat tutorialnya membuat Flashdisc Bootable Disini Lumayan buat nambah ilmu dan Tool, Langsung aja Boss !!

Hiren’s BootCD

Bookmark and Share